sponsor

sponsor

Slider

Recent Flow

Magnetic flow meter

Installasi flow meter

Digital Flow Sensor

Flow meter

ULTRASONIC FLOW METER

Flow meter Air Limbah

» » » » Flow meter ultrasonic clamp on untuk pipa HDPE

FLOW METER CLAMP ON ULTRASONIC DIGUNAKAN PADA PIPA HDPE

Flow meter ultrasonic clamp on 

Flow meter ultrasonic untuk air, merupakan tipe flowmeter yang cara kerjanya mengukur kecepatan aliran air dengan menggunakan ultrasound. Dengan menggunakan sensor ultrasonic,  flow meter dapat mengukur kecepatan rata-rata aliran fluida. Dapat dihitungnya rata-rata perbedaan waktu antara pengiriman signal dan penerimaan signal, dengan arah aliran akan didapatkan kecepatan aliran. Dikalkulaiskan dengan luasan penampang pipa maka bisa didapatkan flow rate atau volume flow aliran dalam pipa.
Ultrasonic water flow meter jenis clamp on merupakan jenis flow meter ultrasonic yang cara instalasinya tidak perlu
memotong atau melubangi pipa. Prinsipnya adalah transducer ultrasonic cukup di tempel di permukaan luar pipa dan dilanjutkan dengan mengclampnya. Transducer ultrasonic yang merupakan flow sensor, mempunyai bebrapa ukuran dan jenis yang tergantung pada temperature dan ukuran diameter pipa.
Flowmeter  ultrasonic jenis clamp on, dapat di pasang pada berbagai jenis material dan ukuran diameter pipa. Diameter pipa yang bisa dipasang mulai dari DN 15 hingga DN600. Water meter jenis ultrasonic ini mempunyai akurasi 1% untuk yang single channel dan 0,5% untuk yang multi channel.

Clamp on Ultrasonic Flow Meter

Flow meter clamp on ultrasonic adalah jenis flowmeter yang cara instalasinya tanpa harus memotong atau melubangi pipa.  Namun sensor ultrasonic atau transducer cukup ditempel dipermukaan luar pipa dan di clamp. Sehingga pada saat installasi aliran dalam pipa tidak harus berhenti atau pompa tidak perlu mati atau valve tidak perlu ditutup.
Ultrasonic Flow meter yang banyak disukai oleh enginner adalah jenis clamp on, karena instalasi flow meter ini  yang cepat dan mudah. Cara instalasinya, tidak perlu memotong atau melubangi pipa, tapi transducer  cukup ditempel pada permukaan luar pipa yang telah ditreatment.
Flow meter clamp on ultrasonic mempunyai output analag 4-20 mA, alarm, relay, pulse maupun communication RS232 atau RS485. Sedangkan untuk flow transmitter atau ultrasonic flow computer ada yang berjenis wall mount, pannel mount maupun pipe mount. Sedangkan untuk power suplai juga ada yang menggunakan AC 220 VAc maupun 24 Vdc

Installasi Flow meter ultrasonic Pada Pipa HDPE

Langkah-langkah instalasi flowmeter ultrasonic sangat simple dan mudah terutama untuk jenis clamp on installation. Jenis clamp on ini bisa diinstal pada berbagai jenis material dan ukuran dimeter pipa. Langkah penting dalam instalasi yang perlu diperhatikan adalah data-data pipa dan cairan.
Baca Juga :
Selain itu, posisi dimana transducer clamp on ultrasonic dipasang harus diperhatikan terutama jarak up stream atau down steram. Lihat manual operasional dan ikuti standart yang ditetapkan oleh manufacture. Untuk instalasi di out door sebaiknya transducer ultrasonic dilindungi bracket guna menghindari perubahan posisi yang berakibat pada hasil pembacaan.
Sebelum melakukan instalasi sebaiknya dapatkan data-data dari diameter pipa, jenis material pipa, tebal pipa, jenis transducer dan lainnya. Masukan data tersebut sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.
Info Lebih Lanjut dapat Email ke Marketing@wmablog.com

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Most Wanted

Top Article

Flowmeter Ultrasonic

Flowmeter ultrasonic  adalah jenis    flow meter yang prinsip kerjanya mengukur  kecepatan aliran suatu fluida dengan menggunakan ultra so...